Fasilitas & Program MAN 3 Jombang

Program yang Dikembangkan MAN Tambakberas

A. Program yang dikembangkan MAN Tambakberas adalah sebagai berikut.

  1. Program Kelas Unggulan

Program kelas unggulan telah berjalan sejak tahun pelajaran 2005/2006. Siswa program kelas unggulan merupakan siswa yang mengambil Program Studi IPA. Tujuan dibukanya program kelas unggulan adalah untuk menghadirkan siswa yang  menguasai materi sains dengan pendekatan bilingual. Siswa Program unggulan mendapatkan tambahan 11 jam pelajaran dalam satu minggu. Hingga saat ini siswa lulusan Program Unggulan diterima di berbagai universitas favorit di Indonesia melalui program beasiswa maupun mandiri.

 

  1. Program Kelas Reguler

Program kelas reguler merupakan program kelas yang dikelola dengan standar nasional, baik pada proses penerimaan calon siswa baru maupun pada proses pembelajaran. Penerimaan calon siswa Program Reguler dilakukan melalui tes tulis dan tes lisan bidang studi keagamaan.

 

Pada tahun pembelajaran 2014/2015 seiring dengan diberlakukannya Kurikulum 2013, Program Kelas Reguler akan membuka empat kelas peminatan yaitu:

  • Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA)
  • Peminatan Ilmu-ilmu Sosial (IIS)
  • Peminatan Ilmu-ilmu Budaya (IIB)
  • Peminatan Ilmu-ilmu Agama (IIA)

 

  1. Program Kelas Keterampilan

Sejak tahun pembelajaran 1996/1997 MAN Tambakberas ditunjuk oleh Kementerian Agama sebagai Madrasah Keterampilan, yang mendapatkan sarana prasarana ketrampilan dari IDB (Iclamic Development Bank). Siswa yang mengikuti Program Keterampilan adalah siswa Program Reguler yang diberi pelajaran tambahan, yaitu pelajaran keterampilan. Keterampilan yang diberikan adalah:

  • Keterampilan otomotif
  • Keterampilan mebellair
  • Keterampilan busana

B. Program Unggulan MAN Tambakberas

  1. Kegiatan siswa Program Studi
    1. Exact Fun Day (EFD)

Kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh siswa Program IPA. Secara rutin acara EFD diisi dengan donor darah. Pada tahun tahun 2012 kegiatan EFD berhasil memecahkan rekor Indonesia Book of Records  (IBOR) dengan kegiatan donor darah dan berhasil mendapatkan  693 kantong darah dari siswa  se-Kabupaten Jombang dan pada tahun 2015 selain melaksanakan donor darah juga melaksanakan Olimpiade Matematika dan Bhs Inggris tingkat Jawa Timur dengan trophy gubernur

2.Bulan Bahasa dan Sastra (BBS)

BBS adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa Program Bahasa. BBS dilaksanakan untuk memperingati Bulan Bahasa pada bulan Oktober. Kegiatan dalam BBS berupa sarasehan budaya yang menghadirkan sastrawan dan budayawan. Di samping itu, juga digelar pentas seni yang diisi oleh siswa-siswi Program Bahasa.

3. Social Science Week (SSW)

Social Science Week dilaksanakan oleh siswa Program IPS. Kegiatan yang dilaksanakan adalah seminar dan bakti sosial, dengan membagikan paket-paket sembako kepada kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

4. Bulan Bakti Agama (BBA)

Bulan Bakti Agama dilaksanakan oleh siswa Program Agama. Kegiatan dalam BBA adalah bedah kitab kuning dan pelatihan Falaq.

5. Adiwiyata

MAN Tambakberas memiliki komitmen untuk mewujudkan MAN Tambakberas menjadi madrasah yang peduli lingkungan (Go Green). Untuk itu, pada awal tahun 2014 MAN Tambakberas maju sebagai Madrasah Adiwiyata Nasional. Selanjutnya, MAN Tambakberas akan maju sebagai Madrasah Adiwiyata Mandiri.

 

Kegiatan Adiwiyata terintegrasi dengan mata pelajaran dan dilaksanakan dalam pokja-pokja. Pokja-pokja yamg ada di MAN Tambakberas adalah sebagai berikut.

  1. Pokja UKS
  2. Pokja Lebah
  3. Pokja Kolam
  4. Pokja Green House
  5. Pokja Lidah Buaya
  6. Pokja Kantin
  7. Pokja Biogas
  8. Pokja Kompos
  9. Pokja Jamur
  10. Pokja Toga dan Tanaman Herbal
  11. Pokja Burung
  12. Pokja Sampah
  13. Pokja 3 R
  14. Pokja Kebersihan

6. Going Global

Dalam rangka mewujudkan Visi Madrasah “Berwawasan Global” MAN Tambakberas selalu berusaha untuk terlibat dalam kegiatan internasional diantaranya adalah dengan menjalin kerjasama lembaga antar Negara diantaranya dengan Jepang, Malaysia, dan Bonuan Buquic National High School Philippine. Dan dan dengan berperan aktif dalam kegiatan tertentu yang bersifat internasional diantaranya mengikuti International Conference 2013 “East – West Collaborations: Converging Culture and Nature Issues in the Classroom” di Medan ( 2 guru 8 siswa), mengikuti  mengikuti AEC-Net (Asia Eropa Classroom- Networking)  konferensi yang diselenggarakan  oleh ASEF (Asia Eropa Foundation) bekerjasama dengan KPI (Katulistiwa Pendidikan Indonesia) tahun 2013 di bali (5 guru dan 18 siswa), dan mengikuti Perkemahan Internasional di Philippine (para pimpinan, guru, dan 8 siswa).

C. Ekstrakurikuler untuk Siswa MAN Tambakberas

Kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di MAN Tambakberas adalah sebagai berikut.

Olahraga §  Bola Voli

§  Futsal

§  Bola Basket

§  Bulu Tangkis

§  Sepak Takraw

Seni Bela Diri Pagar Nusa
Seni Suara, Peran, Lukis, dan Kriya §  Qosidah

§  Musik

§  Seni Suara

§  Qiroah

§  Al Banjari

§  Teater

§  Duta Lingkungan

§  Keindahan dan Cipta Boga

Penalaran dan Media §  KIR

§  Robotika

§  Jurnalistik

Bela Negara §  KKR

§  PMR

§  Pramuka

§  Paskibra

 

 

Pengembangan Bahasa §  Bahasa Inggris

§  Bahasa Arab

§  Bahasa Jepang

D. Sarana dan Prasarana MAN Tambakberas

Bangunan MAN Tambakberas berdiri di atas lahan seluas … Saat ini MAN Tambakberas memiliki empat kampus: kampus induk, kampus utara, kampus timur, dan kampus kelas keterampilan. Berbagai sarana prasarana tersedia di MAN Tambakberas.

 

  • Ruang Belajar
  • Ruang PAAM
  • Ruang Conference
  • Ruang BP
  • Ruang Laboratorium
  • Ruang Perpustakaan
  • Ruang UKS
  • Ruang OSIS
  • Islamic Center
  • Aula
  • Kantin
  • Transportasi
  • Lapangan Olahraga
  • Ruang Terbuka Hijau (RTH)
  • Gazebo
Please follow and like us:

5 Replies to “Fasilitas & Program MAN 3 Jombang”

    1. Untuk Siswa/Siswi yang dari luar Kota kita arahkan untuk menetap di Pondok Pesantren. dan kita tidak memperbolehkan anak didik kita untuk tinggal di kos, kontrkan, asrama.

  1. Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokaatuh,
    mohon informasinya tentang PPDB tahun 2018/2019 , jika berkenan kami mohon dikirimi brosurnya karena putri kami ingin mendaftar di MAN sekaligus mondok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *