Pustakawan MAN 3 Jombang Ikuti Workshop Sistem Klasifikasi dengan e-class

Pustakawan MAN 3 Jombang Ikuti Workshop Sistem Klasifikasi dengan e-class

MAN 3 Jombang terus berbenah dalam rangka pelayanan pendidikan bagi siswa madrasah. Kali ini, (20/1) MAN 3 Jombang mengirim satu orang pustakawan dan pembina komunitas baca madrasah untuk mengikuti workshop sistem klasifikasi bagi pustakawan dan pengelola TBM (Taman Baca Masyarakat). Mereka adalah Lina Dinayanti dan Rialita Fithra Asmara. Workshop dilaksanakan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri, Jalan Diponegoro Nomor 9 Kediri.

Dua orang pustakawan berkualitas dan kaya prestasi hadir sebagai pembicara. Pertama, Rotmianto Mohamad, kreator e-class dan pustakawan Peraih Bung Tomo Award 2013. Kedua, Dio Eka Prayitno, pustakawan Perbanas dan Pustakawan Berprestasi Tingkat Kopertis 7 2017. Dio membahas tentang perpustakaan  standar nasional, sertifikasi pustakawan, dan akreditasi perpustakan. Selain itu, juga membahas tentang bagaimana menjadi pustakawan yang sukses.

“Menurut Richard St. John ada delapan rahasia sukses yaitu passion, work, focus, push, ideas, improve, serve, dan persist,” jelas Dio.

Sementara itu, Rotmianto lebih menekankan pada praktik penerapan e-class. e-class adalah Electronic Classification. E-class merupakan pengembangan dari aplikasi yang sudah beredar sebelumnya yang bernama e-DDC (Electronic Dewey Decimal Classification). e-DDC dikembangkan oleh Rotmianto sejak tahun 2009 dengan tujuan untuk membantu dan memudahkan pustakawan dalam hal classifier untuk menentukan klasifikasi koleksi yang ada di perpustakaan. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *