Bakat Vs Minat

Maslakhatul Nadhiroh

Oleh Maslakhatul Nadhiroh
Bakat dan minat, seringkali kita mendengar persoalan itu. Nah, banyak orang mengira bahwa bakat dan minat itu memengaruhi perjalanan kita berkarier di masa depan. Sekarang, kita harus mengetahui dulu apa itu bakat, bakat ialah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain. Namun, hasilnya justru lebih baik.

Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Sedangkan minat ialah suatu proses pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu kegiatan yang diminatinya.
Dalam berkarir bakat dan minat selalu banyak berpengaruh dalam potensi kinerja. Lalu bagaimana ketika bakat dan minat kita berbeda?, contohnya saja A punya bakat menulis, tapi si A sangat berminat besar dengan matematika.
Skill sangat mempengaruhi dalm etos kerja kita. Tapi jika bakat dan minat kita tidak sama bagainama memilihnya?. Menurut saya ada 2 cara yakni :
1) Pilih pekerjaan yang dapat berkolaborasi antara menulis dan berhitung.
2) Jika masih bingung maka pilihlah minat. Karena dengan memilih minat kita masih bisa mengerjakan pekerjaan kita esok dengan senang hati. Sebab walaupun kita tidak berbakat tetapi ada minat setidknya kita masih bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

* Penulis Merupakan Santri dan Siswa di MAN 3 Jombang

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *