MAN 3 Jombang Jalin Kerja Sama dengan MAN 3 Sleman dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

MAN 3 Jombang Jalin Kerja Sama dengan MAN 3 Sleman dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

Dalam rangka pengembangan mutu madrasah, MAN 3 Jombang terus bergiat diri melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas madrasah. Perwakilan MAN 3 Jombang yang terdiri dari tim UPM (Unit Pengembang Mutu), tim perpustakaan dan Literasi melakukan kunjungan ke MAN 3 Sleman yang dulu bernama MAN 3 Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga (26-27/4). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan MoU, kerja sama terkait hal-hal di bidang pengembangan perpustakann dan mutu madrasah.

Pada (26/4), kunjungan dimulai dengan mengunjungi MAN 3 Sleman. MAN 3 Sleman menjadi sasaran dalam menjalin kerja sama karena madrasah tersebut pernah meraih gelar perpustakaan terbaik pada tahun 2007 dan mendapat anugerah pustakawan terbaik pada tahun 2017 atas nama Ibu Rita. Rombongan dari MAN 3 Jombang disambut secara ramah dan penuh keakraban oleh pihak MAN 3 Sleman. Hadir dalam penyambutan tersebut kepala madrasah, waka kurikulum, waka sarana prasarana, waka kesiswaan, kepala perpustakaan, dan kepala asrama. Masing-masing memberi penjelasan terkait dengan bidang-bidang yang diampu. Rombongan pun dibawa untuk berkeliling madrasah dan perpustakaan.

Perpustakaan MAN 3 Sleman sudah menerapkan e-library dan paper library. Perpustakaan pun didesain sesuai dengan selera siswa, mulai dari tampilan, warna, buku-buku yang disediakan sampai terdapat tempat untuk melakukan foto. Keesokan harinya (27/4), rombongan berkunjung ke perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, rombongan disambut oleh Ibu Labibah Zain selaku kepala perpustakaan dan stafnya. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga merupakan perpustakaan pertama di Indonesia yang menggunakan Teknologi RFID untuk layanan peminjaman dan pengembalian buku secara mandiri.

“Harapannya, segala ilmu yang kita peroleh dari MAN 3 Sleman dan UIN Sunan Kalijaga terkait dengan ilmu perpustakaan dan bagaimana meningkatkan mutu madrasah bisa kita diterapkan di MAN 3 Jombang,” papar Nidaus Sa’adah selaku ketua UPM MAN 3 Jombang. (LiT)

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *