MAN 3 Jombang Jalin Kerja Sama dengan Rumah Baca Sahabatku untuk Terapkan Pendidikan Antikorupsi

MAN 3 Jombang Jalin Kerja Sama dengan Rumah Baca Sahabatku untuk Terapkan Pendidikan Antikorupsi

 

Arpelbuk sebagai komunitas baca yang dimiliki oleh MAN 3 Jombang menjalin kerja sama dengan Rumah Baca Sahabatku (RBS) (6/5). Kerja sama tersebut bertujuan untuk menerapkan pendidikan Antikorupsi. RBS merupakan salah satu komunitas baca yang berada di wilayah Kabupaten Jombang dan dipercaya oleh KPK untuk tali integritas melalui literasi.

“Dengan adanya kerja sama ini, semoga para generasi muda bisa menjaga dirinya dari korupsi dan bebagi informasi terkait korupsi terhadap teman sejawat hingga lingkungan sekitar,” tutur Kurnia Khoirun Nisa, pengelola RBS.

Dalam kerja sama tersebut, Ninga, sapaan akrab dari Kurnia Khoirun Nisa memberikan sejumlah materi terkait pendidikan antikorupsi, meminjami serangkaian alat permainan dan buku yang bisa digunakan untuk penerapan pendidikan antikorupsi. Ninga pun mempraktikkan cara menggunakan alat permaianan tersebut. Sementara itu, buku-buku yang disediakan berupa kumpulan cerita, komik, informasi tentang tali integritas, dan majalah integrito. Tentu saja semua buku tersebut bernapaskan pendidikan antikorupsi. Misalnya, pengenalan tentang nilai integritas. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki rumusan sembilan nilai antikorupsi yang juga dikenal sebagai sembilan nilai integritas. Kesembilan nilai tersebut meliputi jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Kerja sama tersebut melahirkan para panglima yang berasal dari komuitas baca Arpelbuk MAN 3 Jombang. Panglima tersebut akan berbagi informasi terkait korupsi ke masing-masing kelas yang terdapat di MAN 3 Jombang. Salam literasi. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *