Nur Faizah, ketika Guru Tak Hanya Mengajar Menulis tetapi Praktik Menulis  

Nur Faizah, ketika Guru Tak Hanya Mengajar Menulis tetapi Praktik Menulis

 

Dengan semangat berliterasi, semua warga MAN 3 Jombang bersinergi untuk gemar membaca dan menulis. Selain itu juga memantulkan energi baik dari dua kegiatan tersebut. Semangat itulah yang mendorong salah satu guru bahasa Indonesia, Dra. Nur Faizah untuk menulis sebuah buku. Buku yang ditulis masih terkait dengan dunia yang ditekuninya yaitu buku teori bahasa Indonesia. Satu hal yang unik dari buku yang ditulis oleh Nur Faizah adalah teori bahasa Indonesia dari kelas X hingga kelas XII dikemas dalam satu buku teori. Teori disajikan secara jelas dan mudah dipahami oleh para siswa. Mulai teori tentang ragam teks hingga teori sastra.

“Untuk membantu siswa, muncullah ide menyusun buku yang bisa digunakan secara berkelanjutan dari kelas X,  XI,  XII. Selain itu,  karena materi Bahasa Indonesia sangat beragam dan banyak serta ada program Bahasa juga (yang materi juga berbeda), saya berpikir untuk menyusun sebuah buku yang bisa digunakan untuk semua program yaitu IPA,  IPS,  Bahasa,  dan Keagamaan, jelas Nur Faizah.

Nur Faizah memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan buku teori bahasa Indonesia. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah perubahan kurikulum. Kurikulum yang berubah-ubah membuat buku ini  lumayan lama untuk bisa segera diluncurkan. Buku dengan judul Bahasa Indonesia SMA/MA karya Nur Faizah diterbitkan oleh Dreamlitera, Malang. Buku tersebut telah terbit pada awal tahun 2018. Nur Faizah merupakan sosok guru yang bisa dijadikan teladan. Tak hanya mengajarkan tentang menulis tetapi juga praktik menulis. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *