Literasi MAN 3 Jombang Terapkan Pendidikan Antikorupsi melalui Tali Integritas KPK

Literasi MAN 3 Jombang Terapkan Pendidikan Antikorupsi melalui Tali Integritas KPK

 

Setelah meraih penghargaan sebagai juara satu Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah (LIPM) bidang literasi, literasi MAN 3 Jombang terus bergerak dan mengisnpirasi. Literasi MAN 3 Jombang bekerja sama dengan Rumah Baca Sahabatku (RBS) sebagai mitra KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk menerapkan pendidikan antikorupsi. Tali integritas KPK adalah pendidikan antikoruspi melalui gerakan literasi.

Komunitas baca MAN 3 Jombang kembali menerima alat-alat permainan, buku-buku untuk pendidikan antikorupsi, dan CD film kartun bertema antikorupsi. Buku berupa komik, cerita, buku tentang korupsi sedangkan alat permainan berupa kwartet, keranjang bolong, petualangan memecahkan sandi kuno dan permainan kejujuran berupa sahabat pemberani (17/1). Ada sembilan nilai integritas yang diajarkan kepada siswa. Kesembilan nilai tersebut adalah jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Kesembilan nilai itu diselipkan pada semua alat Board Game, CD film kartun, dan buku-buku yang berasal dari KPK. Peralatan, buku, dan film kartun tersebut bisa disaksikan dan dipergunakan di area perpustakaan MAN 3 Jombang dan area outdoor reading.

“Kami memiliki duta antikorupsi yang berasal dari komunitas baca Arpelbuk (Arek Pelahap Buku) MAN 3 Jombang. Merekalah yang menyuarakan pendidikan antikorupsi kepada siswa yang lain. Selain itu, kami juga mengundang anak-anak kecil putra dan putri Bapak/Ibu Guru dan staf  tata usaha untuk menonton film kartun tentang pendidikan antikorusi di panggung pementasan yang terdapat di area perpustakaan MAN 3 Jombang,” jelas Rialita, salah satu anggota tim penggerak literasi madrasah. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *