Kelas Program Unggulan MAN 3 Jombang Lakukan PIL di Yogyakarta

Kelas Program Unggulan MAN 3 Jombang Lakukan PIL di Yogyakarta

 

PIL (Pekan Ilmiah Lapangan) merupakan salah satu kegiatan dari kelas program unggulan MAN 3 Jombang. Kelas unggulan yang mengikuti PIL adalah kelas XI sejumlah delapan kelas (20/4). Peserta didik putri berangkat lebih dahulu yaitu pada tanggal 18—19 April. Sementara itu, siswa putra menyusul pada tanggal 19—20 April.

Mereka melakukan PIL di dua bidang dan di dua tempat. Untuk praktik bahasa Inggris dan Arab, mereka berkunjung ke Candi Prambanan. Setiap kelompok diharuskan mencari lima turis mancanegara untuk praktik Bahasa Inggris. Beberapa mahasiswa jurusan Bahasa Arab dari UIN Sunan Kalijaga sengaja didatangkan ke Candi Prambanan untuk menemani peserta didik praktik bahasa Arab.

Setelah dari Candi Prambanan, peserta didik meluncur ke Kebon Sidoluhur, Godean, Sleman, Yogyakarta. Di sana, mereka praktik membuat sabun cuci cair dan karbol. Hadir sebagai pemateri adalah para pengusaha muda dari Yogya Young Entrepeneur. Mereka adalah Indra Tristawan dan Witri Nurlaila.

“Saya sangat senang ketika praktik membuat sabun dan karbol. Hal itu karena selain saya tahu prosedur tentang cara membuatnya, saya juga bisa membawa produk yang telah saya buat ke madrasah,” tutur Rosi, salah satu peserta PIL. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *