MAN 3 Jombang Raih Juara 3 Bridge Construction Competition Tingkat Nasional di ITS

 

Tim Robotika MAN 3 Jombang kembali menuai prestasi. Setelah kemarin meraih juara umum pada kontes Robot Hidrolik Spaghetti  Stucture Chalenge  di Universitas Widya Kartika Surabaya, kini meraih juara 3 pada ajang Bridge Construction Competition di ITS (31/3). Penyelenggara lomba adalah Fakultas Teknik Sipil ITS Surabaya. Lomba yang diikuti oleh 296 tim dari seluruh Indonesia ini, berhasil mengantarkan salah satu tim dari MAN 3 Jombang meraih juara tiga. Setiap tim terdiri dari dua orang.Tim tersebut adalah Tim Doa Ibu. Anggota tim adalah  M. Yazid Mubarok dan M. Aldi Bimantoro kelas X MIPA 3.

MAN 3 Jombang mengirim enam belas tim untuk mengikuti ajang Bridge Construction Competition. Lomba dilaksanakan selama dua hari yaitu  30—31 Maret 2019. Hari pertama, semua peserta lomba merakit bahan hingga menjadi jembatan dengan durasi waktu selama enam jam. Hari kedua adalah pengujian beban yang mampu ditanggung oleh jembatan di Hall Tunjungan Plaza lantai enam. Jembatan karya tim Doa Ibu MAN 3 Jombang mampu menahan beban sebesar 320 kilogram. Jembatan terbuat dari stik ice cream.

“Dua Minggu sebelum pelaksanaan lomba, setiap hari anak-anak berlatih mulai dari pembuatan konstruksi dan berlatih merakit jembatan di laboratorium Fisika dan bengkel keterampilan,” tutur M. Bagus Amrullah sebagai salah satu pembina lomba. Selain M. Bagus Amrullah, tim lomba ini juga dibimbing oleh M. Akhyak. (LiT)

 

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *