Matsama, Dekatkan Peserta Didik dengan Lingkungan Madrasah

Matsama, Dekatkan Peserta Didik dengan Lingkungan Madrasah

 

 

Kab. Jombang (MAN 3 Jombang) – Peserta didik baru MAN 3 Jombang tahun ajaran 2019/2020 mengikuti matsama (4/7). Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) dilaksanakan selama empat hari (1—4 Juli). Pada kegiatan tersebut, peserta didik mendapat ragam informasi terkait madrasah. Mereka menjadi lebih dekat dan mengenal madrasah. Selama empat hari tersebut, para peserta didik mendapat tujuh materi. Enam materi tersebut adalah wawasan wiyata mandala, kepesantrenan, widya pekerti , tata tertib siswa, etika adiwiyata, ke-OSIS-an, dan peraturan baris-berbaris (PBB). Pada hari pertama, peserta didik mendapat materi wawasan wiyata mandala dan kepesantrenan. Sebelum pemberian materi tersebut, pada hari pertama juga terdapat upacara pembukaan. Upacara pembukaan berupa pemberian kartu tanda peserta matsama oleh kepala MAN 3 Jombang, Sutrisno.

Widya pakerti, tata tertib siswa, dan etika adiwiyata merupakan materi pada hari kedua. Pada hari Ketiga, peserta didik mendapat materi tentang baris-berbaris (PBB) dengan instruktur dari SATRAD 222 PLOSO di Kabuh. Untuk hari keempat, peserta didik melakukan ziarah ke makam masyayikh Pondok Pesantren Bahrul’ulum, Tambakberas. Hari keempat adalah hari terakhir pelaksanaan matsama. Pada hari itu juga terdapat demonstrasi beragam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 3 Jombang. Peserta didik baru tampak antusias menyaksikan beragam penampilan.

“Kegiatan demonstrasi ragam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 3 Jombang ini memang perlu ditampilkan saat matsama. Harapannya, peserta didik memiliki wawasan tentang kegiatan ekstrakurikuler apa yang akan dipilih dan sesuai dengan minat serta bakat mereka saat menjadi peserta didik di MAN 3 Jombang,” tutur Sugiyantoro selaku ketua matsama.

Matsama ditutup dengan melepas tanda peserta matsama oleh seluruh peserta matsama. (LiT)

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *