MAN 3 Jombang PP Bahrul Ulum Tambakberas Siap Mencetak Kader Da’i

MAN 3 Jombang Siap Mencetak Kader Da’i

Dalam rangka realisasi program madrasah dan implementasi salah satu visi misi MAN 3 Jombang yakni beriman, berilmu, beramal dan bertaqwa, maka MAN 3 Jombang membuat program Praktik Khutbah Jumat untuk siswa-siswanya. Selain kegiatan untuk pengabdian masyarakat, program khutbah Jum’at juga merupakan kegiatan kaderisasi dalam hal dakwah Islam. Dan untuk membekali siswa dalam kegiatan khotbah Jum’at tersebut baik sebagai khotib, bilal maupun muadzin diperlukan suatu bimbingan dan latihan yang intensif. Oleh karena itu, MAN 3 Jombang khususnya bidang Humasy memberikan bimbingan dan latihan khusus bagi calon-calon da’i muda untuk menjadi petugas khotbah Jum’at di masjid-masjid sekitar wilayah Jombang.
Tujuan diadakannya kegiatan ini menurut Bapak M. Maksum S.Ag. selaku Waka Humas adalah sebagai berikut :
1. Membimbing siswa dalam hal prosesi khotbah mulai muadzin, bilal dan khotib.
2. Memberikan bekal pada siswa untuk dikembangkan setelah kembali bermasyarakat.
Disamping itu kegiatan praktik khutbah Jum’at ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya :
1. Rasa percaya diri untuk tampil di depan khalayak dalam hal keagamaan yakni berkhotbah (muadzin, bilal dan khotib).
2. Menumbuhkan jiwa dakwah di kehidupan bermasyarakat.
Kegiatan praktik khutbah ini di komandani oleh Pak M. Tholib, S.Pd. M.Si. selaku Ketua Panitia dan diikuti oleh seluruh siswa putra Kelas XII MAN 3 Jombang, Tahun pelajaran 2019/2020 dengan peserta sejumlah 235 siswa. Pelaksanaan praktek khutbah bertempat di 23 masjid di seputaran Kota Jombang yakni di Kecamatan Jombang, Megaluh, Tembelang dan Peterongan Jombang.
Semoga semua peserta didik yang telah dibekali ilmu untuk berdakwah senantiasa sukses dan mendapatkan ridlo dari Allah SWT dan bisa berguna kelak di masyarakat menjadi ilmu yang barokah, manfaat di dunia dan akhirat. Amin ya robbal alamiin.
Jombang, 12 Sept 2019
Ketua Pelaksana,
M. Tholib, S. Pd., M. Si
NIP. 197709282005011014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *