UKS MAN 3 Jombang Ikuti Advokasi dan Komunikasi Edukasi Kesehatah Reprosuksi Remaja

UKS MAN 3 Jombang Ikuti Advokasi dan Komunikasi Edukasi Kesehatah Reprosuksi Remaja

 

 

Kab. Jombang (MAN 3 Jombang) – UKS MAN 3 Jombang bekerja sama dengan Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kabupaten Jombang mengadakan KIE (5/8). KIE adalah advokasi dan komunikasi edukasi. Hal yanh dibahas adalah tentang kesehatan reproduksi remaja. Dua orang hadir sebagai pemateri. Peserta yang mengikuti komunikasi edukasi adalah perwakilan dari masing-masing kelas di MAN 3 Jombang.

Kesehatan reproduksi adalah suatu kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial. Bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya. Materi terbagi menjadi tiga. Pertama, kesehatan reproduksi remaja yang meliputi pubertas, mimpi basah, menstruasi, penyakit menular seksual, dan jenis-jenis penyakit yang menyerang reproduksi remaja. Kedua, cara merawat kesehatan organ produksi. Ketiga, pendewasaan usia perkawinan (PUP) yang terbagi menjadi pengertian, tujuan, faktor yang mendorong pernikahan dini, dampak perikahan usia dini, dan cara untuk menanggulangi pernikahan dini.

“Melaui acara ini, saya tahu bagaimana cara merawat kesehatan organ reproduksi. Ada empat cara. Salah satunya adalah bagi perempuan setelah buang air kecil, membersihkan area kelamin dengan cara yang benar. Caranya adalah membersihkan dan menyiram air dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak ikut ke organ reproduksi. (LiT)

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *