Guru MAN 3 Jombang Raih Juara 1 Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

Guru MAN 3 Jombang Raih Juara 1 Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

 

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Rialita Fithra Asmara, salah satu guru MAN 3 Jombang berhasil meraih juara 1 lomba menulis esai tingkat nasional (27/10). HMJ Teknik Bangunan Kapal Politeknik Negeri Madura (Poltera) adalah pihak yang menyelenggarakan lomba tersebut. Lomba diselenggarakan dalam rangka OCEANIC 19. Sebuah lomba yang diadakan setiap tahun. Sasaran dari lomba ini adalah semua guru se-Indonesia. OCEANIC kali ini mengusung tema Pengembangan Softskill sebagai Bekal Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Rialita yang merupakan sapaan akrab dari Rialita Fithra Asmara menulis esai berjudul Pembelajaran Berbasis Literasi Kreatif dan Wirama pada Era 4.0. Naskah tersebut dikirim terlebih dahulu bersama dengan surat keterangan keaslian karya kepada pihak panitia. Setelah itu, juri menentukan naskah yang berhak masuk final dari naskah yang telah dikirim oleh peserta. Naskah milik Rialita lolos masuk tahap final sehingga harus mengikuti presentasi di Poltera. Dari tahap presenstasi itulah, juri menentukan juara 1,2, dan 3. Rialita berhasil mendapat nilai tertinggi dan berhak menjadi juara satu. Salah satu juri memuji gaya presentasi Rialita yang tampak menguasai materi dan penuh percaya diri.

“Saya menulis esai dengan menggunakan dua buku sebagai bahan rujukan. Pertama adalah buku karangan Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Kedua adalah tentang Multiliterasi yang ditulis oleh Musfiqon. Teori tentang wirama, saya peroleh dari buku karya Ki Hadjar Dewantara. Proses pengerjaan dari esai ini adalah satu minggu,” tutur Rialita Fithra Asmara selaku peserta lomba, guru bahasa Indonesia, dan pelopor gerakan literasi di MAN 3 Jombang. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *