Pobiqobra Antar M. Tholib Sebagai Guru Berprestasi

Pobiqobra Antar M. Tholib Sebagai Guru Berprestasi
Selasa, 07 Januari 2020, 12:12

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – M. Tholib adalah salah satu guru di MAN 3 Jombang dengan banyak prestasi. Guru pengampu pelajaran Matematika tersebut pernah meraih Guru Literasi bidang TI (Teknologi Informasi) dari perpustakaan MAN 3 Jombang. Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran adalah salah satu keahlian M. Tholib. Saat wawancara ini dilakukan pun, M. Tholib aktif dalam berinovasi untuk pembelajaran berbasis teknologi di kantornya (7/1).

Prestasi terbaru yang berhasil diraih oleh M. Tholib adalah meraih juara 1 kategori guru berprestasi tingkat Kabupaten Jombang. Penyelenggara kompetisi guru berprestasi adalah Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Jombang. Penghargaan diberikan saat peringatan HAB (Hari Amal Bakti) Kemenag ke-74 (3/1).

Prosedur lomba atau kompetisi ada dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi meliputi portofolio dan karya ilmiah. Tahap kedua berupa presentasi para finalis yang lolos seleksi administrasi. Para finalis diundang untuk presentasi dan wawancara di depan Dewan Juri. Tempat melakukan presentasi di aula Kemenag Kabupaten Jombang pada tanggal 20 Desember 2019. Persiapan yang dilakukan oleh M. Tholib adalah menyusun portofolio meliputi bukti fisik. Bukti fisik yang dipersiapkan berupa kualifikasi akademik, sertifikat diklat dan workshop, RPP terbaik, piagam penghargaan prestasi akademik non akademik, karya pengembangan profesi, pengalaman organisasi pendidikan, dan sosial.

Judul karya Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pobiqobra telah mengantarkan M. Tholib meraih juara satu pada ajang tersebut. Pobiqobra adalah metode blended learning dengan media Powerpoint, Blog, Quipper, dan Geogebra.

“Kegiatan ini sangat positif karena bisa lebih memacu guru-guru di lingkungan Kemenag Kabupaten Jombang. Selain itu juga untuk terus mengembangkan diri menuju pendidik yang merdeka belajar,” tutur M. Tholib saat ditanya tentang kesan mengikuti kompetisi Guru Berprestasi. (LiT)

Editor: isn

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *