Prof. Wahyudi Siswanto Pacu Guru Bahasa Indonesia MAN Kab. Jombang Hasilkan Karya Inovasi

Prof. Wahyudi Siswanto Pacu Guru Bahasa Indonesia MAN Kab. Jombang Hasilkan Karya Inovasi
Jum’at, 10 Januari 2020, 10:15

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – MGMP Bahasa Indonesia MAN Kab. Jombang mengadakan workshop selama enam hari. Workshop dimulai dari tanggal 09 s.d. 14 Januari 2020 di aula MAN 3 Jombang. Kegiatan workshop berupa pembuatan karya inovatif pembelajaran Bahasa Indonesia, penulisan best practice, dan pembuatan media publikasi. Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, salah satu guru besar dari Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang hadir sebagai pemateri. Peserta workshop berasal dari guru Bahasa dan Sastra Indonesia MAN se-Kabupaten Jombang sejumlah empat puluh guru.

Pada hari pertama workshop, Kamis (9/1), Prof. Wahyudi membahas tentang karakteristik pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada era 4.0. Selain itu, para peserta workshop juga mendapat ilmu tentang bagaimana mendapat ide sehingga menghasilkan sebuah inovasi. Ide bisa berasal dari jurnal, ensiklopedi, internet, referensi, buku, dan bertanya kepada orang lain.

Prof. Wahyudi juga memacu para peserta workshop untuk menghasilkan inovasi dengan media apa saja. Misalnya, menulis puisi dengan menggunakan model nama dan menggunakan diksi-diksi dalam syair lagu yang mengandung rima.

Para peserta workshop tampak antusias ketika Prof. Wahyudi Siswanto  mempraktikkan ragam menulis puisi tersebut. WA dan Youtube juga bisa digunakan sebagai cara mendapat ide untuk membuat sebuah karya inovasi pembelajaran puisi.

“Bungkus dan isi adalah dua hal penting dalam pembelajaran. Guru hendaknya tak melupakan keduanya. Inti dari kegiatan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah pembelajaran yang bermanfaat dan menyenangkan bagi peserta didik. Jadilah guru hebat, menginspirasi, dan tak henti membuat inovasi,” tutur Prof. Wahyudi Siswanto saat mengisi workshop.

Sementara itu, Nur Faizah selaku ketua MGMP Bahasa Indonesia MAN Kab. Jombang menuturkan bahwa tujuan dari workshop ini adalah menghasilkan guru MAN yang kaya inovasi. (LiT).

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *