Lubis Grafura Ajak Guru Bahasa Indonesia Kab. Jombang Temukan Teknik Pembelajaran Menarik

Senin, 13 Januari 2020, 08:14

Kab.  Jombang (MAN 3) – MGMP Bahasa Indonesia mengundang salah satu penulis beragam buku di bidang Pendidikan, Lubis Grafura di aula MAN 3 Jombang (11/1). Sekitar dua puluh tujuh judul buku telah ditulisnya. Penulis sengaja dihadirkan untuk memberi materi pada kegiatan Workshop Pembuatan Karya Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penulisan Best Practice, dan Pembuatan Media Publikasi. Lubis Grafura adalah pengasuh rubrik konsulasi pendidikan majalah Media Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Dia juga juga aktif menjadi pemateri sastra dan penulisan buku di sejumlah daerah. Sekarang, Lubis Grafura  menjadi guru Bahasa Indonesia dan pengampu ekstra Jurnalistik SMKN 1 Nglegok yang sudah memenangkan lomba tingkat lokal, regional, dan nasional.

Peserta workshop yang berasal dari semua guru Bahasa Indonesia Kab. Jombang. Selama workshop, peserta dipandu untuk menemukan ide berupa teknik pembelajaran menarik. Sebagai contoh, penggunaan deret kata untuk menulis puisi. Peserta yang belum menemukan ide akan didampingi oleh pemateri. Beberapa peserta juga tampil di depan untuk mempresentasikan gagasan yang telah ditemukan.

“Saya tampil dan mempresentasikan gagasan saya tentang penggunaan pacak dalam pembelajarann teks eksplanasi. Pak Lubis banyak memberikan saran terkait gagasan tersebut,” tutur Sumailik salah satu peserta workshop.

Selain itu, pemateri juga memberikan ragam teknik bagaimana mengatasi ragam masalah di kelas. Di akhir kegiatan, Lubis Grafura membagikan buku karyanya kepada peserta yang aktif mengikuti kegiatan workshop. (LiT)

Editor : Sol

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *