Tim Roket MAN 3 Jombang Raih Juara 1 dan Best Prototype Rocket di Universitas Internasional Semen Indonesia

Kab. Jombang (MAN 3 Jombang) – Setelah meraih prestasi di Jakarta, kali ini tim roket MAN 3 Jombang kembali menuai prestasi. Achmad Hakim Abdul Chanan dan Ferdian Irwan Prihandoko adalah bagian dari anggota tim roket MAN 3 Jombang. Mereka berasal dari kelas unggulan MAN 3 Jombang yaitu X MIPA 1. Mereka tampak serius berdiskusi tentang roket di kelas (19/2). Beragam lomba di bidang roket akan siap mereka ikuti. Selain mereka, ada Bagas Alifiyan Ravi yang juga berasal dari kelas unggulan XII MIPA 1. Dari kelas program keterampilan yang masuk dalam tim roket adalah M. Mahrus Ali M dari kelas X MIPA 2.

Dua tim roket MAN 3 Jombang dikirim untuk mengikuti EM Week 6 (Week Rocket Launcher) di UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia). Universitas ini terletak di Gresik, Jawa Timur. Satu tim terdiri dari dua peserta. Tim pertama yaitu Achmad Hakim Abdul Chanan dan M. Mahrus Ali M meraih juara satu. Sementara itu, tim kedua yang terdiri dari Ferdian Irwan Prihandoko dan Bagas Alifiyan Ravi meraih penghargaan di bidang Best Prototype Rocket (15/2). Kegiatan lomba ini diikuti oleh 26 tim. Tim roket dari MAN 3 Jombang dibimbing oleh Sigit Budi Purwoko. Lomba diadakan dengan sistem gugur. Pemenang ditentukan dari roket air yang paling mendekati finish dengan jarak luncur 50 M.

“Saya berlatih dengan menyetabilkan roket yang kami buat. Setelah itu, kami melakukan uji coba di lapangan. Uji coba dilakukan dengan tujuan menentukan jumlah air dan tekanan yang digunakan pada roket untuk mencapai jarak yang dituju. Jumlah air dan tekanan merupakan penentu jauh tidaknya roket meluncur” jelas Achmad Hakim Abdul Chanan saat ditanya tentang cara tim berlatih. (LiT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *