Praktik Menulis Karya Ilmiah, Pacu Peserta Didik MAN 3 Jombang Memiliki Nalar Berpikir Logis

thumbnail

Minggu, 08 Maret 2020, 17:02

Kabupaten Jombang  (MAN 3 Jombang) – Praktik menulis karya ilmiah dalam bentuk paper merupkan syarat mengikuti PAT ( Penilaian Akhir Tahun) bagi peserta didik MAN 3 Jombang. Kegiatan ini bersifat wajib bagi peserta didik yang berada di kelas XI. Masing-masing peserta didik mendapat guru pembimbing yang akan membimbing mereka dalam menulis paper tersebut. Tema yang diusung dalam penulisan karya ilmiah tahun ini adalah segala hal terkait MAN 3 Jombang dan Ponpes Bahrul’ulum Tambakberas Jombang. Untuk tema MAN 3 Jombang, peserta didik bisa menulis tentang praktik madrasah literasi, madrasah prestasi, dan madrasah adiwiyata. Untuk tema Ponpes Bahrul’ulum Tambakberas Jombang, peserta didik bisa menulis tentang tempat-tempat bersejarah di area ponpes dan pendiri Ponpes Bahrul’ulum Tambakberas, Jombang.

Bimbingan penulisan karya ilmiah bisa dilakukan di perpustakaan atau ruang-ruang kelas. Seperti kali ini, tampak Pak Bagus sapaan akrab dari M. Bagus Amrullah sedang melakukan bimbingan tahap revisi akhir di perpustakaan (8/3). Jika paper telah selesai, peserta didik akan diuji oleh seorang penguji terkait dengan hasil tulisannya.

“Melalui kegiatan ini, peserta didik bisa terbiasa untuk berpikir logis dan menungkannya ke dalam tulisan. Selain itu, bisa sebagai sarana untuk mengembangkan budaya membaca dan menulis yang terkait erat dengan dunia literasi,” tutur M. Bagus Amrullah salah satu pembimbing paper. (LiT)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *