Biasakan Peserta Didik Menulis Karya Ilmiah, MAN 3 Jombang Gelar Ujian Paper

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – MAN 3 Jombang mengadakan Ujian Paper pada Minggu (12/2/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik Kelas XI dan XII. Lokasi kegiatan di kelas masing-masing. Satu per satu peserta didik menghadapi penguji untuk mempresentasikan paper yang telah mereka tulis.

M. Tholib selaku ketua panitia paper mengatakan bahwa terdapat dua macam pelaksanaan ujian. “Sistem ujian untuk kelas unggulan akan berbeda dengan kelas reguler,” kata Tholib. Pembeda antara kelas unggulan dan reguler adalah dari media presentasi dan bahasa yang digunakan. “Kelas unggulan wajib membuat Power Point dan mempresentasikannya dengan bahasa Inggris,” ujar Guru Matematika ini.

Peserta didik tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah Yohana. Peserta didik Kelas XII MIPA 6 ini mengaku mendapatkan pengalaman baru dalam menulis karya tulis ilmiah. “Saya jadi tahu kaidah penulisan yang benar,” kata Yohana.

Sekadar tahu, Penulisan Paper merupakan program tahunan MAN 3 Jombang. Program ini sempat berhenti karena pandemi dan baru tahun ini dilaksanakan kembali. Tholib menambahkan bahwa penulisan paper merupakan salah satu cara MAN 3 Jombang dalam membiasakan peserta didiknya menyusun karya tulis ilmiah. “Sangat cocok dengan MAN 3 Jombang yang memiliki gelar sebagai madrasah literasi,” kata Tholib.

Setelah ujian, peserta didik diminta memperbaiki paper yang telah diujikan. Hasil revisi paper tersebut kemudian akan menambah koleksi karya tulis di Perpustakaan Menara Ilmu, MAN 3 Jombang. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *