Penuh Ukiran Prestasi, Momen Wisuda Purna Siswa MAN 3 Jombang Bertabur Doa Dan Harapan

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Wisuda Purna Siswa kelas akhir MAN 3 Jombang berlangsung pada Minggu (21/04/2024). Bertempat di Gedung Serba Guna Hasbulloh Said, sebanyak 811 siswa resmi dilepas. Prosesi wisuda dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Sutrisno, didampingi para wakil kepala.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para siswa berprestasi dibidang akademik dan hafalan Alquran. Sejumlah 13 siswa berprestasi terbaik Tingkat jurusan menerima penghargaan dari Kepala Madrasah. Ialah Zaidan Atabrani Zulvan, peraih nilai rata- rata tertinggi yang dinobatkan sebagai Bintang Pelajar MAN 3 Jombang. Selanjutnya, Madrasah juga memberikan apresiasi kepada para wisudawan juara lomba akademik maupun non akademik yang telah mengharumkan nama MAN 3 Jombang di Tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Tidak kurang dari 40 nama dengan berbagai perolehan juara maju ke panggung kehormatan dan menerima tanda penghargaan dari pimpinan madrasah. Adapun raihan juara terbanyak dipersembahkan oleh Rayhan Abdul Hanan yang kiprahnya dalam perlombaan Bahasa Arab sudah tidak diragukan lagi.

Sutrisno, selaku kamad memberikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan di MAN 3 Jombang. “terimakasih kalian telah mengharumkan nama madrasah, kalian semua anak hebat”, ungkap Kamad. Selain dari Kamad, ucapan selamat juga datang dari Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Wafiyul Ahdi. Gus Wafi yang sedang menjalankan ibadah umroh menyampaikan harapan nya kepada para wisudawan melalui sebuah video. “Selamat, semoga kalian menjadi pribadi yang dapat menjaga keimanan dan kualitas,” pesan Gus Wafi. Ucapan selamat secara virtual juga turut disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni MAN Tambakberas (Nur Ali), Mantan Bupati Jombang (Munjidah Wahab), dan Menteri Agama Republik Indonesia (Yaqut Cholil Qoumas).

Sambutan berikutnya disampaikan oleh PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi. Mufi berpesan agar para siswa melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan senantiasa menjaga nama baik madrasah. “harus bisa menjadi lulusan yang diterima dan dipercaya oleh Masyarakat,” ujar Mufi.

Selanjutnya, sesi ceramah agama disampaikan oleh Ali Aziz, Kyai kondang yang telah memberikan dakwah diberbagai negara di Eropa. Selain memberikan siraman Rohani, Kyai Ali juga membagikan buku bacaan bagi para siswa sebagai hadiah. “Hidup harus bisa menjadi penyemangat untuk orang lain,” pesan Kyai Ali. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Kyai Hasib Wahab Hasbullah. (Nis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *