MAN 3 Jombang Laksanakan Tes Tahfidz untuk Peserta Didik Kelas XII

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Sejumlah peserta didik Kelas XII menjalani tes tahfidz pada Selasa (31/01/2023). Lokasi tes terpusat di Islamic Center MAN 3 Jombang. Terdapat dua orang penguji yang menilai kemampuan hafalan mereka.

Tes Tahfidz merupakan program tahunan di bawah kendali Pusat Prestasi dan Inovasi (PPI) MAN 3 Jombang. M. Ilyas selaku Ketua PPI mengatakan bahwa peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai dengan jumlah Juz Al-Qur’an yang dihafalkan. Menurut Ilyas, sertifikat itu akan berguna bagi mereka jika ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur tahfidz. “Sekarang banyak peluang bagi pada tahfidz untuk masuk PTN. Untuk itu, MAN 3 Jombang mengakomodir para hafiz yang ingin mendapatkan kesempatan itu,” ujar Ilyas.

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Nizza Burdatul Rijjah. Peserta didik Kelas XII Agama 2 ini mengaku memiliki keinginan melanjutkan pendidikan ke PTN. “Semoga dengan sertifikat tersebut memudahkan saya untuk lolos lewat jalur tahfidz,” ujar Nizza.

Hal sama juga disampaikan Maulana Ardana. Selain ingin mendapatkan sertifikat, peserta didik Kelas XII MIPA 1 ini mengikuti tes untuk menguji kekuatan hafalannya. “Saya ingin terus menjaga hafalan saya,” kata Ardana.

Banyaknya peminat membuat PPI memperpanjang waktu seleksi. Ilyas mengatakan bahwa kegiatan masih berlanjut sampai akhir Februari. “Bagi peserta didik Kelas XII yang terlewat mengikuti tes hari ini, dapat mengikuti tes pada lain waktu dengan terlebih dahulu mendaftar di Gedung PPI MAN 3 Jombang,” pesan Ilyas. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *