Siswi MAN 3 Jombang Juara 3 Lomba Khitobah Tingkat Nasional

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Untuk kali kesekian Amelia Habibah harumkan nama MAN 3 Jombang. Siswi kelas XII MIPA 5 ini berjaya dalam Lomba Khitobah Tingkat Nasional. Lomba tersebut menjadi runtutan acara Pekan Arabi yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang.

Lomba Khitobah ini terdiri atas dua tahapan, yaitu penyisihan dan final. Kedua tahapan tersebut dilaksanakan secara virtual. Pada babak penyisihan, peserta diwajibkan mengirimkan video penampilan mereka. Terdapat tiga tema yang dapat dipilih, yakni Pendidikan, Teknologi, dan Globalisasi. Amel berhasil masuk sepuluh besar menyisihkan 80 peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Pada babak final (7/10), peserta menyampaikan materi khitobah secara live lewat Zoom.   Amel membahas topik pendidikan Islam di era globalisasi. Retorika bahasa, isi pidato, artikulasi, dan penguasaan materi menjadi poin utama penilaian. Amel menjadi juara ketiga dengan raihan 92,5 poin.

Amel mengaku bangga dengan pencapainnya itu. “Saya tidak menyangka, awalnya peringkat delapan pada babak penyisihan menjadi peringkat tiga pada babak final,” tutur siswi yang ingin masuk Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga ini. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *