MAN 3 Jombang Juara Bertahan Duta Kesehatan Remaja

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) –  MAN 3 Jombang pertahankan gelar Duta Kesehatan Remaja. M. Fayedh Hamas (XI MIPA 3) menjadi juara 1 putra mengikuti jejak kakak kelasnya pada penyelenggaraan sebelumnya. Sementara itu, Nabila Laila Sholihah (XI MIPA 4) menjadi juara 3 putri dalam ajang yang sama. Pemilihan Duta Kesehatan Remaja  merupakan salah satu rangkaian Lomba UKS yang dihelat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Pelaksanaan lomba  15 dan 16 September 2021 di SMP Sawunggaling. Pada hari pertama, peserta menyelesaikan  tes tertulis terkait 8 Gol UKS.  Mereka juga diberi  materi tentang kesehatan remaja dan melakukan diskusi. Keaktifan dan sikap selama mengikuti kegiatan menjadi salah satu penilaian. Di tahap ini, peserta  disaring menjadi 5 besar putra dan putri yang akan unjuk bakat pada hari kedua.  Hamas menunjukkan kemampuannya dalam olah raga pencak silat, sedangkan Nabila unjuk kebolehan dalam menyanyikan sebuah lagu.  Keduanya lolos tiga besar. Di tahap final, peserta diberikan pertanyaan secara acak terkait 8 Gol UKS. Mereka diminta menyampaikan argumennya secara langsung di hadapan juri.

“Saya mendapat pertanyaan tentang Stunting. Dari  penyebab hingga  cara pencegahannya,” ujar Nabila. Sementara itu ditemui di tempat terpisah, Hamas mengaku mendapatkan pertanyaan terkait ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). “Saya akan merangkul ODHA agar terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat,” ujar siswa yang bercita-cita masuk fakultas kedokteran itu.

Setelah dinobatkan sebagai  juara 1 Duta Kesehatan Remaja, Hamas akan menjalankan program yang telah ia canangkan. Salah satu programnya adalah memanfaatkan sosial media untuk sosialisasi tentang kesehatan remaja.

Aris Daryati, AMK  selaku pembina mengatakan bahwa  Hamas dan Nabila akan dilibatkan dalam setiap kegiatan UKS madrasah seperti skrining,seminar, dan lain-lain. “Sebagai duta, mereka dapat menginspirasi siswa lainnya untuk menjaga kesehatan,” ujarnya. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *