Lagi, Dawud Putra Cahyono Raih Juara Olimpiade Fisika

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Nama Dawud Putra Cahyono kembali menjadi perbincangan. Dalam sepekan, siswa XII MIPA 1 ini meraih beragam prestasi membanggakan. Setelah sebelumnya menjadi juara 2 Sains Competition  IIK Bhakti Wiyata Kediri dan juara 3 Udayana Physics Championship, kini Dawud memenangkan Photon Physics Competition (21/11). Penyelenggara lomba adalah Universitas Negeri Surabaya.

Ada empat tahapan dalam pelaksanaan lomba ini, yakni penyisihan, semi final, final, dan grand final. Kesemuanya berlangsung secara virtual. Menurut Dawud, tahapan paling menegangkan adalah grand final. Dia harus menjelaskan fenomena fisika yang telah disiapkan panitia lewat teleconverence. Siswa berkaca mata ini diminta menganalisa  apakah suatu benda bermuatan listrik  dapat menarik benda lain atau menolaknya. “Saya tahu konsep dan hukum fisikanya, tapi masih kesulitan dalam menyampaikannya,” ujar Dawud.  

Suasana Grand Final. Sumber : Photon UNESA

Keberhasilannya dalam berbagai lomba tak membuat Dawud lekas puas diri. Dia mengaku akan terus menantang dirinya dengan mengikuti berbagai kompetisi lainnya. “Saya ingin lebih baik dari prestasi ini. Itu yang membuat saya termotivasi berlomba lagi,”pungkas Dawud.

Koordinator BPMO, Bagus Amrullah mengaku bangga dengan prestasi Dawud yang meraih beberapa kemenangan dalam satu pekan. “Semoga kemenangan Dawud menjadi motivasi siswa lain, terutama tim BPMO, untuk semangat berprestasi,” harap Bagus. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *