Asah Kemampuan Peserta Didik Berdakwah, MAN 3 Jombang Gencarkan Program Kultum

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – MAN 3 Jombang memiliki beragam kegiatan yang mengembangkan potensi peserta didiknya. Salah satunya adalah kuliah tujuh menit (kultum). Kegiatan ini dilaksanakan usai Salat Dhuha. Setiap harinya ada seorang peserta didik yang bertugas sesuai jadwal yang telah ditentukan. Setiap kelas akan mendapat giliran mewakilkan anggotanya untuk mengisi kultum.

Kegiatan kultum ini merupakan implementasi dari program Salam, Salaman, dan Salat (S3). Program tersebut di bawah komando H. M. Ma’sum selaku Wakil Kepala Madrasah Bagian Humas. Menurut Gus Ma’sum, kegiatan kultum bertujuan untuk melatih mental dan mengasah kemampuan peserta didik dalam berdakwah. “Sebagai santri, mereka harus dibekali pengalaman berceramah,” ujar Gus Ma’sum.

Kegiatan kultum ternyata mendapat sambutan baik dari peserta didik. Muchammad Alfin Syawaludin, misalnya. Peserta didik Kelas XII MIPA 2 ini sempat bertugas sebagai penyaji materi kultum. “Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kami agar berani tampil di depan umum,” ujar Alfin. Dalam ceramah singkatnya, Alfin menyampaikan tentang pentingnya menghormati orang lain.

Hal serupa disampaikan oleh Thereza Eka Febrianti. Peserta didik Kelas XII Bahasa 2 ini merasa senang dapat mewakili kelasnya untuk mengisi materi kultum. Thereza menyampaikan materi tentang kenakalan remaja. Sesekali dia mengutip ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi tersebut. “Meski sempat gugup dan takut salah, tetapi saya bahagia. Ini latihan mental untuk saya,” kata peserta didik berkaca mata ini. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *