Siswa Man 3 Jombang dalam Satu Pekan Raih Dua Kemenangan

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang)- Dawud Putra Cahyono (XII MIPA 1) semakin berprestasi. Dawud berkali-kali mengharumkan nama MAN 3 Jombang di berbagai kompetisi. Sepekan ini ia meraih kemenangan di dua kompetisi berbeda.

Kompetisi pertama adalah Olimpiade Sains Tingkat Provinsi. Penyelenggara lomba yang diadakan secara virtual ini adalah IIK Bhakti Wiyata Kediri. Pada babak penyisihan (1/11), Dawud mengerjakan soal Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Banyak soal setiap mapel adalah 25. Dawud berhasil lolos 10 besar dengan raihan 68 poin. Pada babak final (13/11), ia menyelesaikan 100 soal bertaraf olimpiade. Perjuangannya tak sia-sia. Ia berhasil meraih juara kedua. “Diantara keempat mapel, saya banyak alami kesulitan pada mapel Biologi karena banyak hafalannya. Tapi itu membuat saya termotivasi untuk terus mempelajarinya,” kata siswa berkaca mata ini.

Kompetisi kedua adalah Udayana Physics Championship. Penyelenggara lomba yang diadakan secara virtual ini adalah Prodi Fisika Fakultas MIPA Universitas Udayana. Pada babak penyisihan (16/11), Dawud mengerjakan 25 soal mekanika. Dawud berhasil meraih poin tertinggi dan melaju ke 10 besar. Pada babak final (18/11), Dawud mengerjakan 4 soal essay. “Saya hanya mengerjakan 3 soal saja. Alhamdulillah mendapat poin 245,” ujar Dawud. Raihan poin itu membuatnya menjadi juara ketiga.

Keberhasilan Dawud di dua kompetisi tersebut tentu membuat bangga MAN 3 Jombang. Koordinator BPMO, Bagus Amrullah mengatakan bahwa semangat Dawud dalam berkompetisi dapat menjadi inspirasi siswa lain untuk terus berprestasi. “Dawud anak yang gigih dan tidak cepat puas. Ia terus mau belajar,” ujar Bagus. (Zul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *