Matsama Hari Terakhir, Ajak Peserta Didik Menggali Bakat dan Prestasi

MAN 3 Jombang (Kesiswaan) – Matsama selama empat hari pun akhirnya selesai. Tahap ini menjadi tanda bahwa peserta didik baru telah secara resmi menjadi bagian dari MAN 3 Jombang. Pada Matsama edisi akhir kali ini (6/7), mereka diajak berkunjung ke makam para masyayich Ponpes Bahrul’ulum Tambakberas. Ada empat rute makam yang menjadi tujuan ziarah. Keempat makam tersebut adalah makam K.H. Abd. Wahab Chasbullah, Mbah K.H. Usman, K.H. Abd. Fattah Hasyim, dan K.H. Abd. Hamid Chasbullah. Harapannya agara para peserta didik sekaligus santri Ponpes Bahrul’ulum bisa mengenal dan meneladani para masyayich.

Seperti pada hari-hari sebelumnya, Matsama dibuka dengan apel pagi kemudian dilanjutkan dengan ziarah, dan hadir sebagai acara penutup adalah demontrasi ragam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MAN 3 Jombang. Ada ekstra musik, PMR, KKR,  jurnalistik, Paskibraka, bahasa Inggris, bahasa Jepang, teater, pramuka, dan sebagainya. Selain tampilan, mereka juga mendirikan stan-stan. Stan berisi produk-produk dan foto kegiatan ekstrakurikuler. Ada juga panggung kecil dan tempat untuk berfoto. Para pengurus ekstra juga membagikan brosur yang berisi informasi lebih lanjut terkait kegiatan ekstrakurikuler.

Setelah kunjungan ke stan-stan, peserta didik baru diajak menuju lapangan induk untuk menyaksikan ragam tampilan yang memukau dari anggota esktrakurikuler. Tampilan-tampilan tersebut bisa menstimulus peserta didik untuk menemukan bakat dan prestasi. Dari temuan-temuan itu, mereka bisa menemukan ekstrakurikuler yang sesuai.

“Saya senang dengan beragam kegiatan ekstrakurikuler di MAN 3 Jombang. Rasanya, saya ingin mengikuti semuanya,” tutur salah satu peserta Matsama.

Matsama ditutup dengan pemberian apresiasi terhadap peserta Matsama yang berprestasi dan aktif mengikuti program-program Matsama. Selamat berkarya dan berprestasi di MAN 3 Jombang para peserta didik baru. (LiT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *